KUA Pandak Mewakili Bantul dalam Lomba KUA Percontohan 2012

Posted by kuapleret Kamis, 03 Mei 2012 0 comments
SETELAH Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kotagede yang mewakili Kota Yogya, Rabu (2/5) kemarin, kini giliran KUA Kecamatan Pandak yang mewakili Kabupaten Bantul dinilai Tim Penilaian Kanwil Kemenag DIY, Kamis (3/5). Selain Tim Penilaian Kanwil yang dipimpin Drs. H. Zainal Abidin, M.Pd.I (Pgs. Kakanwil Kemenag DIY), acara ini dihadiri Wakil Bupati Bantul Drs. H. Soemarno PRS, Kabag TU Kanwil Kemenag Dra. Hj. Mas’amah, M.Pd.I, Kepala Kankemenag Bantul Drs. H. Abdul Madjid, MA, Kepala Dinas Sosial Bantul, dan jajaran Muspika Pandak serta tamu undangan lainnya.
Gedung KUA Pandak menyatu dengan kompleks Masjid Miftahul Hasanah yang terletak 300 meter ke arah selatan dari jalan raya utama yang menghubungakan Bantul dengan Panjatan (Kulonprogo). Dekorasi tenda dominan warna ungu menjadi peneduh utama saat perhelatan acara. Wabup Bantul dalam sambutan mengatakan bahwa KUA Pandak menjadi kebanggaan tersendiri masyarakat Bantul sebagai KUA teladan yang mewakili kabupaten bermotto Projotamansari, Sejahtera, Demokratis dan Agamis itu. Soemarno dalam sambutannya sengaja tak berpanjang lebar. Apa pasal? “Ikan sepat ikan gabus, kepiting dari Celebes. Lebih cepat lebih bagus, yang penting KUA Pandak is the best,” ujarnya yang disambut sorak sorai hadirin.
Kepala KUA Pandak, Rohwan, S.Ag, MSI dalam penyampaian visi-misi KUA Pandak, menyampaikan bahwa KUA merupakan garda terdepan pemerintah, khususnya dalam hal ini Kabupaten Bantul dalam melayani masyarakat. “Kami memiliki tanggung jawab moral untuk merealisasikan visi yang diusung Kankemenag Bantul yakni Terwujudnya Masyarakat Bantul Yang Agamis dan Berbudaya serta visi dari Bantul itu sendiri,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Tim Penilaian yang juga menjabat Pgs. Kakanwil Kemenag DIY, Drs. H. Zainal Abidin, M.PdI menyebut bahwa dalam kurun waktu enam tahun terakhir Kabupaten Bantul selalu menyabet juara KUA Teladan tingkat nasional. “Meskipun tidak selalu mendapat juara pertama, tak sedikit KUA di Kabupaten Bantul yang mendapat nomor wahid,” papar Zainal Abidin seraya merujuk KUA Pleret meraih juara I pada 2006, KUA Kasihan juara I pada 2009 dan beberapa KUA lainnya yang juga berprestasi.
Dalam acara ini juga sempat dilakukan penyerahan bantuan sosial bagi warga yang tidak mampu dan bagi pelajar berprestasi serta penyerahan sertifikasi arah kiblat dan juga sertifikat kursus calon pengantin (suscatin). Kemudian dilakukan penilaian sekitar satu jam di mana tim penilai mulai menanyai staf KUA untuk masing-masing bidang. Terlihat beberapa kali Rohwan menjelaskan aneka program yang dimiliki KUA Pandak baik kepada Pgs. Kakanwil maupun kepada Kabag TU.
Acara siang itu diakhiri dengan sholat berjamaah dan jamuan makan siang bersama. Dan Kabag TU, Dra. Hj. Mas’amah, M.Pd.I sempat memberikan pesan dan kesan sebelum Camat Pandak memberikan sambutan selamat jalan.
Jadwal berikutnya Tim Kanwil akan mengunjungi KUA Ponjong pada Selasa (8/5) depan, KUA Panjatan pada Rabu (9/5) serta KUA Seyegan pada Kamis (10/5). Apakah KUA Pandak akan menjadi—seperti yang diutarakan Wabup Bantul—KUA the best (terbaik) atau tidak? Hanya waktu jualah yang akan menentukan. [bap]
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: KUA Pandak Mewakili Bantul dalam Lomba KUA Percontohan 2012
Ditulis oleh kuapleret
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://kuapleret.blogspot.com/2012/05/kua-pandak-mewakili-bantul-dalam-lomba.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Posting Komentar

duniakecilkecil.blogspot.com support www.evafashionstore.com - Original design by Bamz | Copyright of KUA Kecamatan Pleret.